Harga Beton Precast – Produk ini menjadi andalan para kontraktor untuk mendapatkan hasil konstruksi yang berkualitas dan dengan aplikasi yang lebih praktis serta mudah.

Selain informasi mengenai penawaran produk pracetak ini kami ulas juga mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan beton precast sebagai komponen penting konstruksi masa kini

Penggunaan beton precast sebagai salah satu komponen penting dalam pembangunan memang sudah banyak diketahui. Terdapat banyak komponen seperti tiang pancang, beton U Ditch, concrete barrier dan lain-lain.

Namun, proses pencetakan beton pracetak dilakukan secara fabrikasi untuk menghasilkan bentuk, daya tekan dan spesifikasi yang sama dan presisi. Sebelum dilakukan pemasangan perlu memberikan jangka waktu untuk proses pengerasan dan kekuatan setelah dibentuk. Kualitas beton sangat terjaga karena berada di tempat tertentu. Namun, perlu dilakukan produksi dengan bentuk yang sama dalam jumlah besar agar mendapatkan keuntungan.

Keuntungan Penggunaan Beton Pracetak

Penggunaan beton pracetak sangat banyak dalam dunia konstruksi. Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh dibandingkan menggunakan beton dengan sistem tradisional atau konvensional.

Beberapa diantaranya yaitu proses instalasi cenderung lebih sederhana dan tidak memakan waktu banyak. Pelaksanaan instalasi di lapangan cenderung lebih singkat. Biaya proyek di lapangan bisa ditekan sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Pemilihan material untuk membentuk komponen beton sangat optimal dan pemilihan mutu bahan sangat berkualitas.

Baca juga: Harga Ready Mix

Penggunaan beton pracetak dinilai sangat ekonomis dibandingkan pengecoran di tempat. Hal ini dikarenakan penggunaan cetakan beton tidak terlalu variatif sehingga dapat digunakan secara berulang-ulang. Biasanya, hasil beton precest sangat baik disesuaikan dengan standar yang sesuai dengan aturan. Sistem pengawasan dilakukan melalui peralatan komputer secara ketat dan detail.

Proses finalisasi sangat mudah. Selain itu, finishing bagian permukaan dapat dilakukan secara bersama-sama dengan mudah dengan membuat elemen ini di pabrik. Terutama masalah warna dan bentuknya disesuaikan dengan rancangan desain yang dibuat. Penggunaan beton precast dapat diaplikasikan pada proyek yang memiliki luasan sempit. Tingkat polusi udara berupa kebisingan cenderung lebih bersih dan sangat ramah terhadap lingkungan sekitar. Perencangan dan pengujian kualitas beton pracetak dilakukan di pabrik.

Elemen pracetak dilakukan pengujian dengan memperhatikan kekuatan dan efisiensinya. Pengajuan sertifikasi internasional untuk meningkatkan spesifikasi beton pracetak yang dibuat sehingga keamanan dan ketahanannya terjamin. Selain itu, mampu menekan biaya akibat pemakaian alat tambahan dan penggunaan tenaga kerja.

Kerugian Pengaplikasian Beton Pracetak yang Bisa Ditemui di Lapangan

Penggunaan komponen beton pracetak selain memiliki keuntungan juga mempunyaki kelemahan sehingga dalam pemanfaatannya perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa hal yang wajib diketahui kekurangan beton precast yaitu, produksi dalam jumlah kecil sangat tidak ekonomis terutama penggunaan elemen yang dimanfaatkan untuk membentuk beton pracetak.

Ketelitian terhadap pengaplikasian beton dengan melihat besaran deviasi perlu ketelitian tinggi. Hal ini berlaku dari satu elemen ke elemen lainnya. Hal tersebut sangat menyulitkan saat dilakukan proses perangkaian apabila deviasi terlalu besar. Ukuran elemen beton yang dihasilkan sangat terbatas tentunya hal itu berkaitan dengan kebutuhan alat berat dan angkutnya.

Penggunaan transportasi juga terbatas dengan batasan maksimal jarak 150 hingga 350 km. Namun, batasan ini disesuaikan dengan jenis barang yang diangkut sedangkan pengangkutan lewat laut berat maksimal diatas 1000 km. Ketersediaan alat handling dan perangkaian di lapangan harus disediakan untuk mempercepat perangkaian.

Penggunaan beton pracetak di wilayah rawan gempa sangat rawan mengalami kerusakan. Hal ini sangat berbahaya dan akan membuat bencana di wilayah sambungan. Kebutuhan ruangan untuk para tenaga kerja untuk melakukan persambungan. Lahan pabrikasi dan workshop membutuhkan area yang luas.

Proses Pembuatan Beton Precast

Pebuatan beton pracetak memiliki beberapa metoda beberapa diantaranya yaitu metode pabrikasi dan metode pengecoran yang berada di tempat. Kedua proses tersebut memiliki kelebihan dan kekuerangan masing-masing. Meskipun demikian, penggunaan kedua metode dapat disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Pembuatan Beton Precast sistem Pabrikasi

Sistem pabrikasi merupakan sistem pembuatan beton yang dilakukan di pabrik dan sudah dilakukan pengujian secara ketat sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Sedangkan proses perakitan dapat dilakukan di lokasi pelaksanaan proyek.

Pemilihan elemen pembentuknya harus disesuiakan dengan standr yang diberikan dan ditandai. Hal ini dilakukan untuk menhasilkan produk yang berkualitas dan bermutu tinggi. Apabila proses pembuatannya sudah selesai maka beton ini diberikan tanda berupa tanggal dan siap digunakan setelah 14 hari.

Pembuatan Beton Pracetak Melalui Sistem Insitu

Pembuatan beton pracetak dilaksanakan di tempat proyek dan proses instalasi juga dilakukan di tempat proyek tersebut. Tentunya, untuk memberikan hasil produksi dengan kualitas terbaik maka proses yang dilakukan harus direncanakan dan dilakukan ppengawasan secara cermat.

Proses produksi beton ini dapat dilakukan dengan melakukan persiapan bahan dan alat terutama bar bending, mesin las, cutting, moulding, batching plant maupun vibrator beton. Setelah itum melakukan persiapan untuk melakukan bekisting dengan membersihkan fonwork dan pemberian laburan berupa oli agar permukaan tidak kasar.

Perlu dilakukan persiapan tulangan dan ditempatkan di bagian bekisting. Penggunaan tulangan harus dilakukan pemotongan dan pembentukan dengan gambar yang sesuai. Lalu tulangan dimasukkan ke dalam bekisting dan dilakukan pengecoran.

Mengusahakan sebelum dicor kondisi bekisting dalam keadaan bersih dari kotoran baik potongan kayu atau kawat besi. Pengeoran dilakukan secara bertahap dan pemberian vibrasi. Terakhir pembongkarang beksiting apabila beton siap dibongkar.

Tata Cara Proses Sambungan Beton Precast

Penggunaan sistem dalam penyambungan beton seperti rumah susun sederhana menggunakan sistem grouting. Sistem ini merupakan penyambungan antar panel joint yang terjadi antara balok dan kolom mauapun antar filler pada pelat lantai dengan melakukan pengecoran di bagian sambungan.

Baca juga: Perbedaan drymix dan wet mix

Penggunaan bahan grouting memiliki beberapa syarat seperti mutu beton yang akan disambung haru seimbang terutama komponenya. Penggunaan bahan tertentu saat melakukan grouting dan tidak mudah mengalami penyusutan sehingga persambungan menjadi monolit atau sama. Bahan yang digunakan lebih mudah untuk mengering dalam waktu relatif sangat pendek. Bahan-bahan yang digunakan harus mengandung klorida, sulfat dan nitrat.  Penggunaan struktur pada beton precast beberapa diantaranya meliputi perumahan, lahan parkir, apartemen, perkantoran, industri, jembatan dan masih banyak lainnya.

Perbedaan Beton Pracetak dan Konvensional

Awal penggunaan beton pracetak tidak pernah terlepas dari pemanfaatan beton secara konvensional. Meskipun, beton precast semakin digemari. Penggunaan beton konvensional relatif sedikit dan masih ada peminatnya. Padahal, sistem ini sangat menguras tenaga manusia dan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan beton precast.

Terdapat beberapa perbedaam antara beton precast dengan beton konvensional yaitu, pembuatan beton konvensional dilakukan langsung di tempat atau lebih dikenal dengan nama ready mix. Kemungkinan penggunaannya berada di wilayah yang tidak terjangkau alat berat atau pengangkutan.

Beton konvensional membutuhkan formwork atau perancah saat dilakukan pengecoran dalam pembuatan beton. Selain itu, tenaga kerja yang diperlukan sangat besar sehingga biaya pengeluaran untuk membiayai para pekerja terbilang tidak bisa ditekan. Produksinya dibuat secara massal dan dilakukan perulangan sehingga bentuknya sama. Beberapa penerapannya seperti balok lintel, pembuatan panel dinding, rel kereta api dan lain-lain.

Pemanfaatan beton precast dalam dunia konstruksi memang terbilang sangat besar. meskipun memiliki kekurangan dalam penggunaan mauapun pembuatannya. Beton pracetak selalu diperbarui dengan standar pembuatan yang membuatnya semakin diminati dan kokoh untuk menjaga ketahanan bangunan dalam waktu yang lama. Hal ini sangat menguntungkan dan lebih menghemat pengeluaran biaya di masa depan.

Harga Beton Precast

NOBeton Precast Jenis dan UkuranHARGA /Pcs
1.U Ditch 140 x 140 x 120IDR 3.870.000
2.Cover U Ditch 180 cmIDR 975.000
3.Barrier MCB 1200 x 800 x 1000IDR 1.252.800
4.Box Culvert 150x150x100IDR 6.550.000
5.Pipa Beton RCP ∅-600mm P: 1250 mmIDR 868.800
6.Kanstin Taman B4IDR 50.000
7.Paving Block K400 – 6 cmIDR 125.000
8.Pagar Panel 240 x 40 x 5 cmIDR 150.000

Demikian informasi seputar harga beton precast beserta keungungan dan kerugiannya yang semoga menjadi bahan informasi serta pertimbangan anda.

Menampilkan semua 2 hasil

Show sidebar
Harga Pagar Panel Beton Kolom Precast
Close

Harga Pagar Panel Beton Kolom Precast

Rp2.500.000
Harga Pagar Panel Beton cenderung terjangkau, sehingga banyak peminatnya. Selain itu, pemakaian pagar ini untuk membatasi kawasan maupun bangunan tertentu. Selian informasi harga pemasangan pagar precast kami coba ulas mengenai bagaimana penggunaan untuk konstruksi Harga pagar panel beton di pasaran terbilang cukup kompetitif untuk pembangunan kawasan industri, pabrik maupun pembatasan tanah. Selain itu, ketahanan struktur ini sangat baik dalam jangka waktu lama dan bersifat permanen. Keberadaan pagar panel jenis ini sudah banyak diproduksi, sehingga mudah dalam pencariannya di toko besar maupun pabriknya secara langsung.
Harga U Ditch dan Spesifikasi
Close

Harga U Ditch dan Spesifikasi

Rp350.000
Harga U Ditch harus diketahui oleh seorang kontraktor untuk mendapatkan kualitas produk terbaik dan berkelas. Selain itu kita ulas juga mengenai perbedaan U Ditch terbuka dan tertutup, bahan material dan harga U Ditch