Implementasi

Ketahui Keunggulan Beton Cor Dak Rumah Pada Penambahan Lantai

Ketahui Keunggulan Beton Cor Dak Rumah Pada Penambahan Lantai

Dak beton merupakan komponen konstruksi untuk membatasi bangunan bertingkat. Dak dapat menjadi lantai atau atap dak beton dan dikenal juga sebagai panel beton. Beton cor dak kerap menjadi pilihan bagi rumah yang akan dibangun menjadi 2 lantai atau lebih. Penambahan lantai rumah menjadi solusi untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan.

Karakteristik Dak Beton

Dak beton terdiri dari beragam jenis yaitu beton cor konvensional, beton ready mix, dan keramik beton. Beton cor konvensional memiliki ciri khas tahan lama dan kuat, tetapi waktu pengerjaan cukup lama. Sementara ready mix lebih cepat diproses dan lebih praktis. Keramik beton pula paling praktis, bersih, dan ringan serta kuat.

Baca juga:

Harga Beton Ready Mix

Dalam membangun dak harus melakukan perhitungan waktu pengerjaan yang tepat. Jangan terlalu lama dan sesuaikan dengan kondisi cuaca. Usahakan jangan membuat pengerjaan dak ketika musim hujan. Pembuatannya tidak boleh terlalu lama agar hasilnya tidak mudah keropos atau retak.

Kontraktor yang berpengalaman umumnya akan membuat dak beton secara saksama, mulai dari menghitung dimensi lantai untuk menaksir kebutuhan material, menyediakan peralatan yang memadai, dan tim kerja yang diperlukan. Mereka juga dapat memperkirakan waktu pembuatan dak agar hasilnya rata dan tidak mudah retak.

Baca juga:

Harga Pagar Panel Beton

Keunggulan Dak Beton

Untuk lantai atau atap rumah, dak beton memiliki keunggulan seperti berikut:

1. Biaya lebih murah

Pembuatan panel beton termasuk lebih terjangkau dibandingkan panel dari kayu atau logam. Dak beton juga murah dari sisi biaya perawatan.

2. Memungkinkan Penambahan Lantai

Atap berupa dak beton memungkinkan Anda menambah jumlah lantai rumah tanpa harus membongkar keseluruhan rumah. Anda dapat membuat rumah menjadi dua atau tiga lantai selama kekuatan konstruksinya masih memenuhi syarat.

3. Tahan Lama dan Lebih Kuat

Bangunan dari beton memang lebih kuat dan tahan terhadap cuaca panas, dingin, dan angin kencang sehingga lebih tahan lama. Dak beton dengan ketebalan yang tepat juga dapat meredam panas matahari dengan baik sehingga bagian dalam ruangan terasa sejuk. Agar dapat menambah estetika, banyak yang menambahkan plafon gypsum di bagian langit-langit.

4. Mudah Dibersihkan

Dak berwarna abu tua memberikan kesan industrial modern dalam rumah, sehingga tampak lebih artistik. Material beton mudah dibersihkan sehingga tidak perlu khawatir terhadap noda yang sulit dibersihkan. Hanya disapu dan dipel, panel beton sudah terlihat bersih berkilau kembali.

5. Menjadi Tambahan Ruang

Bagian atas atap dak dapat dimanfaatkan sebagai tempat mencuci atau menjemur pakaian sehingga bisa memberikan tambahan ruang di dalam rumah Anda.

Cor Dak

Kelemahan Dak Beton

Di samping keunggulan yang dimiliki, dak beton juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain:

1. Pengerjaan Cukup Lama

Pengecoran dak memakan waktu lama, terutama jika menggunakan cor beton konvensional. Selain itu, pengerjaan juga harus dilakukan oleh tenaga profesional dan berkeahlian khusus.

2. Sulit Dibongkar

Jika sudah menggunakan dak beton, proses renovasi keseluruhan akan sulit karena dak beton sulit dibongkar. Pembongkaran memerlukan proses penghancuran beton keras yang menempel pada kawat rangkanya. Proses ini cukup lama dan memerlukan banyak tenaga.

3. Rentan Bocor

Dak beton rentan terhadap bocor atau rembesan air. Agar tidak bocor, Anda perlu melapisi dengan cat tahan air. Sifat alami dak beton dapat menahan endapan air, tetapi jika pengerjaannya kurang teliti dapat menyebabkan rentan kebocoran.

Baca juga:

Dak Keraton

Tips Membuat Dak Beton

Untuk menghasilkan dak beton yang berkualitas dan dapat bertahan hingga waktu yang lama, perhatikan tips berikut:

  1. Dapatkan ukuran dimensi yang tepat dan tentukan jumlah besi tulangan yang dibutuhkan untuk membuat dak beton sesuai ukuran. Jumlah besi tidak perlu terlalu banyak agar tidak menambah bobot struktur dan membuat biaya pembangunan membengkak.
  2. Ketebalan dak harus mampu menahan gaya tekan. Lantai dak dibuat dengan ketebalan rata-rata 12cm, sementara untuk atap biasanya mempunyai ketebalan 8cm.
  3. Sesuaikan kualitas dak dengan kebutuhan struktur, jika di atasnya Anda akan menempatkan barang-barang yang berat seperti furnitur pada titik-titik tertentu.
  4. Perhatikan pengadukan agar benar-benar merata, bahan adukan yang terlalu cair atau terlalu kental akan mempengaruhi kualitas dak beton nantinya.
  5. Lakukan penyiraman agar dak tidak mengeras sebelum waktunya. Anda juga dapat meletakkan kain basah pada permukaan supaya tidak cepat mengeras.

Beton cor dak rumah mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Akan tetapi, pembuatan dak yang benar dapat memberikan lebih banyak keuntungan bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.