Bangunan

Genteng Aspal Solusi Anti Bocor

Genteng Aspal Solusi Anti Bocor

Genteng aspal menjadi pilihan ideal untuk dipasang di berbagai bangunan dengan semua kelebihan yang dimilikinya seperti tidak mudah ditumbuhi jamur serta anti lembab.

Keunggulan Genteng Aspal sebagai Genteng Waterproof yang Banyak Dicari Saat Ini

Genteng aspal atau lebih dikenal sebagai asphlat roofing biasa dijadikan sebagai atap konstruksi bangunan. Genteng ini dibuat dari suatu benda yang memiliki bentangan luas.

Bentangan tersebut terdiri atas carbon black dan batu kerikil dengan suhu pemanasan menyerupai aspal. Hal ini menjadikan genteng dianggap terbuat dari aspal.

Perpaduan bahan pembuatannya tidak hanya aspal saja. Selain itu, genteng ini juga terdiri atas serta organik, resin, aspal dan bubuk kertas. Material-material tersebut dilakukan pengolahan sehingga memberikan hasil genteng aspal.

Bagaimana Karakteristiknya?

Karakteristik genteng ini terbilang menguntungkan diantaranya lentur, tahan air dan ringan. Aspal pada jenis genting ini memiliki kegunaan sebagai penahan air atau water proofing. Hal tersebut membuat atap tahan terhadap kebocoran.

Selain itu, bobot genteng juga terbilang lebih ringan jika dibandingkan menggunakan tanah liat, keramik maupun beton.

Bobot konstruksi atap yang ringan penggunaan bangunan atap dapat dikurangi. Hal ini membuat biaya juga menjadi lebih hemat.

 Bahan material pasir dan poliprepilen pada genteng aspal  memberikan peningkatan mutu genteng polimer disebabkan sifat kuat yaitu, ketahanan maupun kekuatan tinggi terhadap perlakukan secara mekanis.

Selain itu, limbah karet yang digunakan sebagai bahan campuran dapat membantu meningkatkan kelenturan.

Sedangkan, campuran aspal dimanfaatkan untuk anti air dan peningkatan sifat fisis genteng polimer. Berdasarkan syarat kualitas genteng SNI 0096:2007.

Komposisi bahan yang digunakan terdiri atas pasir dan limbah karet dengan perbandingan tertentu. Hal tersebut dapat menghasilkan tingkat kepadatan, kelenturan dan kekuatan baik.

Karakteristik Genteng Aspal

Apa Saja Fungsinya?

Atap memliki fungsi sebagai pelindung utama saat terjadi hujan maupun perubahan cuaca. Sebenarnya, bergantung dari sifat konstruksi bangunan, penggunaan atap dapat membantu melindungi penghuni dari cahaya matahari, dingin maupun panas. Penggunaan atap dapat dibedakan berdasarkan jenis struktur.

Misalnya, sebuah rumah dapat diatapi dengan menggunakan bahan material yang mampu mencegah masuknya cahaya matahari namun unsur lain tidak terhalang ( paranet).

Genteng aspal juga dapat diartikan sebagai genteng polimer yaitu perpaduan antara aspal dengan serat organik.

Kami juga menyediakan kebutuhan untuk beton cor untuk informasi harga bisa mengunjungi laman harga beton cor

Sifat dan Kelebihan Genteng Aspal

Bahan material genteng aspal memiliki sifat solid atau padat. Meskipun demikian, beratnya tetap ringan. Hal tersebut dikarenakan adanya kombinasi lembaran bitumen atau bahan turunan dari aspal dengan bahan kimia lainnya.

Terdapat dua model yang dipasarkan diantaranya model horizontal bertumpu pada multipleks dan menempel pada rangka. Genteng jenis ini memiliki berbagai keunggulan lain, seperti halnya :

  • Terdapat genteng aspal berbentuk gelombang dengan pemasangan hanya perlu diisekrup di bagian balok gording.
  • Ringan dengan ukuran seperenam dari bobot genteng yang terbuat dari keramik maupun beton. Ukurannya hanya berkisar 10.5 kilogram per meter persegi.
  • Penggunaan bahan materialnya tidak memerlukan semen. Hal ini tidak menyebabkan atap mengalami keretakan rambut yang menimbulkan rembesan. Biasa dimanfaatkan untuk tingkat kemiringan mencapai 22,5 0 hingga 90 0.
  • Pemasangannya terbilang mudah dan sangat praktis
  • Ketahanan tinggi terhadap api dan ketahanan terhadap tekanan angin baik
  • Banyak pilihan aneka warna dengan perlindungan lapisan anti pudar
  • Genteng aspal tidak dapat ditumbuhi oleh jamur.

Namun, kelemahannya harganya sangat mahal. Tidak hanya itu, genteng jenis ini cukup sulit untuk ditemui di pasaran. Tidak hanya itu, kekurangan atap ini memiliki sudut rendah beresiko untuk hunian tropis dengan intensitas hujan tinggi.

Penggunaan genteng aspal memang biasa dijadikan sebagai bahan konstruksi atap di negara-negara eropa. Sebenarnya, genteng ini dapat pula diterapkan pada hunian tropis.

Baca juga : harga genteng beton

Namun, harus ditempelkan pada papan fimber semen maupun triplek. Penggunaan struktur pendukung seringkali kurang kuat.

Maka dari itu, jika terjadi hujan dengan curah tinggi dapt menyebabkan genteng menjadi lembab. Hal ini membuat papan tripleknya dapat mengalami perekahan.

Penggunaan genteng dari beton maupun keramik apabila pecah dapat dilihat dengan mudah. Sedangkan, genteng aspal perlu melakukan pemeriksaan material pendukungnya.

Penggunaan Genteng Aspal

 Penggunaan genteng ini bisa menjadi pilihan alternatif sebagai atap aspal untuk menutuo rumah dengan menggunakan bitumen. Bentuk penampang dari genteng aspal memang lebar dan ringan.

Pemakaiannya seringkali digunakan sebagai atap tambahan seperti pada atap garasi.

Atap aspal tidak mudah mengalami pecah dan kuat. Struktur bahan material turunan aspal atau bitumen dilakukan pemrosesan dengan memanfaatkan tekanan dan pemanasan tinggi.

Permukaan hasil jadi diberikan lapisan khusus resin dan tekstur sehingga tidak menyebabkan licin. Fungsi dari perlapisan ini digunakan sebagai pencegah kebocoran serta rembesan yang muncul pada badan atap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.